JOULE THIEF SEDERHANA
Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirahmanirahim, pada postingan pertama saya ini, saya akan membahas tentang joule thief, apa itu joule thief ? bagaimana cara membuatnya ?akan dibahas dibawah ini.

PENGERTIAN JOULE THIEF
            Joule thief dalam bahasa indonesia berarti pencuri daya, baik daya battery ataupun aki, maksud dari pencuri daya ini sendiri ialah, menggunakan daya sekecil mungin untuk memperoleh hasil output sebesar mungkin, joule thief yang ideal yaitu joule thief yang menggunakan input daya kecil, namun daya output nya besar, dan irit dalam penggunaannya.



CONTOH RANGKAIAN JOULE THIEF SEDERHANA

Komponen yang di perlukan untuk rangkaian ini yaitu :
·         Resistor  16 ohm - 100 ohm
·         Elco 1000uf 6,3v
·         Transistor NPN TIP41
·         Trafo bekas charger HP
·         Battery 1,5V 

Dalam hal ini
R1 menimbulkan tegangan pada basis transistor, Dengan 16 ohm bisa di peroleh tegangan maksimal.Sehingga power out juga bisa pada mode maksimal.Dengan 100 ohm pun power out juga masih oke, namun rangkaian akan lebih efisien.
C 1000uf 6,3v memberi filter tegangan input. Ini di harapkan bisa lebih menstabilkan riple tegangan. Kita bisa gunakan nilai uf yang lainya namun dengan nilai voltage di atas tegangan input/batterey. 2200uf, 4200uf dll.
Transistor npn Tip41. Bisa juga kita pakai tr npn lainya seperti tip31 atau tip3055. Dll.
E ferrite mini transformer bekas charger hp bisa kita dapatkan dari dalam rangakaian bekas charger hp yang sudah tak terpakai atau rusak.

MANFAAT JOULE THIEF
            Joule thief sendiri sangat bermanfaat di saat pemadaman listrik, dapat digunakan untuk penerangan darurat, saat camping, atau mendaki, bisa menjadi alternatif penerangan, karena ukuran yang kecil ssehingga dapat dengan mudah dibawa bemana saja, karena sumber tegangan battery yang mudah didapat.

Mungkin cukup sekian dari saya mengenai joule thief kali ini, terimakasih atas kunjungan anda.

Wassalamualaikum wr.wb. 




sumber gambar dan rangjaian : Di Sini



Komentar